C. Mencoba
D. Menalar
Hasil Pengamatan Lingkungan Sekolah.
1.
Komponen Biotik
Komponen biotik
adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Pada pokoknya
makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, misalnya
golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Berikut hasil observasi kelompok kami
mengenai makhluk hidup yang termasuk dalam komponen biotik :
No.
|
Makhluk
Hidup
(Biotik)
|
Jumlah
|
Keterangan
Tempat
|
1.
|
Kupu-kupu
(hewan)
|
2
ekor
|
Depan toilet
putra lantai 3
|
2.
|
Ikan (hewan)
|
15
ekor
|
10 ikan
terdapat disamping kelas 9I
5 ikan terdapat didekat tangga silang
|
3.
|
Pohon Palm
(tumbuhan)
|
16
pohon
|
Disekeliling
lapangan sekolah
|
4.
|
Warga
Sekolah (manusia)
|
-Siswa : 874
-Guru
dan
kepsek :61
-Karyawan
& staff TU : 22
-Kantin : 13
Jumlah
keseluruhan : 970
|
Kami
mendapatkan informasi ini di ruang TU.
|
5.
|
Burung (hewan)
|
7
ekor
|
Didepan
musholla putra (kandangnya)
|
6.
|
Kucing
|
1
ekor
|
Didepan
kantin lantai 1 (melewati kantin )
|
7.
|
Tanaman
sirih
|
6
buah
|
Lingkungan
sekitar sekolah
|
8.
|
Lumut
|
Tak
terhingga
|
Di sekitar tanaman
|
9.
|
Cacing
|
Tak
Terhingga
|
Di taman / halaman sekolah
|
10.
|
Pohon Gladag Tiang
|
24 pohon
|
Sekeliling lapangan sekolah
|
2.
Komponen Abiotik
Komponen abiotik
adalah komponen penyusun ekosistem penyusun yang terdiri
Benda-benta tak
hidup atau benda mati. Berikut adalah hasil observasi kelompok kami mengenai
benda-benda yang termasuk dalam komponen abiotik :
No.
|
Benda
Mati
(
Abiotik )
|
Jumlah
|
Keterangan
Tempat
|
1.
|
Sepeda
Siswa
|
89
buah
|
Di
tempat parkir sepeda siswa
|
2.
|
Udara
|
Tak
Terhingga
|
Di
Sekolah SMPN 1 Gresik
|
3.
|
Cahaya
Matahari
|
Tak
Terhingga
|
Di
Sekolah SMPN 1 Gresik
|
4.
|
Air
|
Tak
Terhingga
|
Di
Sekolah SMPN 1 Gresik (Kolam ikan, kamar mandi)
|
5.
|
Tanah
|
Tak
Terhingga
|
Di
Sekolah SMPN 1 Gresik (Terutama sekitar lapangan sekolah)
|
6.
|
Lampu
|
12
buah
|
Di
depan aula
|
7.
|
Sangkar
/ Kandang Burung
|
1
buah
|
Depan
Musholla Putra
|
8.
|
Bola
|
39
buah
|
Di
depan ruang guru
|
9.
|
Tempat
Sampah
|
13
buah
|
Di
Lantai 3 SMPN 1 Gresik
|
10.
|
Rak
Sepatu
|
4
buah
|
Di
depan kelas 7 H,7 I,7 J
|
11.
|
Ring
Basket
|
2
buah
|
Di
lapangan SMPN 1 Gresik
|
12.
|
Gawang
|
2
buah
|
Di lapangan
SMPN 1 Gresik
|
Kesimpulan dari
kegiatan yang telah kami lakukan adalah :
-
Komponen biotik
dan komponen abiotik mempunyai keterkaitan satu sama lain.
-
Manusia
(komponen biotik) tidak dapat hidup tanpa adanya udara (komponen abiotik)
-
Ikan(komponen
biotik) tidak akan dapat hidup tanpa
adanya air (komponen abiotik) sebagai tempat hidupnya.
-
Pohon palm dan
Pohon gladag tiang (komponen biotik) tidak akan bisa berfotosintesis tanpa
adanya udara dan cahaya matahari (komponen abiotik)
-
Tumbuhan tidak
akan bisa tumbuh tanpa adanya tanah
-
Dari contoh
diatas,dapat di ambil garis besarnya yaitu, Komponen biotik dan abiotik memiliki hubungan timbal
balik yang biasa disebut ekosistem.
-
A. Mengamati
Perintah : amati gambar dikitab IPA halaman 77, dan catat
pengamatanmu !
Jawaban
:
1.
Ada tanaman padi
2.
Ada tanah tempat
tumbuh tanaman pagi
3.
Ada manusia
(siswa)
4.
Ada rumah
5.
Ada tumbuhan
hijau
6.
Ada karung
7.
Ada buku dan
kertas
8.
Ada tanah
9.
Ada udara
10. Ada plastik
11. Ada
rerumputan
B.
Menanya
- Perintah : Buatlah pertanyaan !
Jawaban :
·
Apa peran
Kupu-kupu dan bunga di lingkungan sekolah ?
·
Apa peran
manusia dan udara di lingkungan sekolah ?
·
Apa peran
manusia dan tanah di lingkungan sekolah ?
·
Apa peran cahaya
matahari dan tumbuhan di lingkungan sekolah ?
·
Apa peran cacing
dan tanah di lingkungan sekolah ?
Jawaban dari pertanyaan
:
·
Kupu-kupu : mengambil nektar tumbuhan untuk di
jadikan makanan.
Bunga :
mengalami penyerbukan.
·
Tanpa udara maka
manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa bernafas.
·
Tanah berperan
sebagai tempat berpijak dan tempat untuk melakukan aktivitas manusia dan
makhluk hidup lainnya.
·
Cahaya matahari
berperan dalam proses fotosintesis yang di lakukan oleh tumbuhan hijau
·
Cacing berperan
untuk menggemburkan tanah.
Kenapa gak ada makhluk tak hidupnya ka
BalasHapusthanks for the answer: ") Really really helped me:
BalasHapus