Langsung ke konten utama

Pengamatan Komponen Komponen di Lingkungan Sekolah

C. Mencoba
D. Menalar
Hasil Pengamatan Lingkungan Sekolah.

1.     Komponen Biotik
Komponen biotik  adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Pada pokoknya makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, misalnya golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Berikut hasil observasi kelompok kami mengenai makhluk hidup yang termasuk dalam komponen biotik :

No.
Makhluk Hidup
(Biotik)
Jumlah
Keterangan Tempat
1.
Kupu-kupu (hewan)
2 ekor
Depan toilet putra lantai 3
2.
Ikan (hewan)
15 ekor
10 ikan terdapat disamping kelas 9I
5   ikan terdapat didekat tangga silang
3.
Pohon Palm (tumbuhan)
16 pohon
Disekeliling lapangan sekolah
4.
Warga Sekolah (manusia)
-Siswa : 874
-Guru dan 
 kepsek :61
-Karyawan & staff      TU : 22
-Kantin : 13
Jumlah keseluruhan : 970

Kami mendapatkan informasi ini di ruang TU.
5.
Burung  (hewan)
7 ekor
Didepan musholla putra (kandangnya)
6.
Kucing
1 ekor
Didepan kantin lantai 1 (melewati kantin )
7.
Tanaman sirih
6 buah
Lingkungan sekitar sekolah
8.
Lumut
Tak terhingga
Di sekitar tanaman
9.
Cacing
Tak Terhingga
Di taman / halaman sekolah
10.
Pohon Gladag Tiang
24 pohon
Sekeliling lapangan sekolah
           

2.     Komponen Abiotik
Komponen abiotik adalah komponen penyusun ekosistem penyusun yang terdiri
Benda-benta tak hidup atau benda mati. Berikut adalah hasil observasi kelompok kami mengenai benda-benda yang termasuk dalam komponen abiotik :


No.
Benda Mati
( Abiotik )
Jumlah
Keterangan Tempat
1.
Sepeda Siswa
89 buah
Di tempat parkir sepeda siswa
2.
Udara
Tak Terhingga
Di Sekolah SMPN 1 Gresik
3.
Cahaya Matahari
Tak Terhingga
Di Sekolah SMPN 1 Gresik
4.
Air
Tak Terhingga
Di Sekolah SMPN 1 Gresik (Kolam ikan, kamar mandi)
5.
Tanah
Tak Terhingga
Di Sekolah SMPN 1 Gresik (Terutama sekitar lapangan sekolah)
6.
Lampu
12 buah
Di depan aula
7.
Sangkar / Kandang Burung
1 buah
Depan Musholla Putra
8.
Bola
39 buah
Di depan ruang guru
9.
Tempat Sampah
13 buah
Di Lantai 3 SMPN 1 Gresik
10.
Rak Sepatu
4 buah
Di depan kelas 7 H,7 I,7 J
11.
Ring Basket
2 buah
Di lapangan SMPN 1 Gresik
12.
Gawang
2 buah
Di lapangan SMPN 1 Gresik

Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah :
-          Komponen biotik dan komponen abiotik mempunyai keterkaitan satu sama lain.
-          Manusia (komponen biotik) tidak dapat hidup tanpa adanya udara (komponen abiotik)
-          Ikan(komponen biotik)  tidak akan dapat hidup tanpa adanya air (komponen abiotik) sebagai tempat hidupnya.
-          Pohon palm dan Pohon gladag tiang (komponen biotik) tidak akan bisa berfotosintesis tanpa adanya udara dan cahaya matahari (komponen abiotik)
-          Tumbuhan tidak akan bisa tumbuh tanpa adanya tanah
-          Dari contoh diatas,dapat di ambil garis besarnya yaitu, Komponen  biotik dan abiotik memiliki hubungan timbal balik yang biasa disebut ekosistem.


-           A. Mengamati
            Perintah : amati gambar dikitab IPA halaman 77, dan catat pengamatanmu !
Jawaban : 
1.      Ada tanaman padi
2.      Ada tanah tempat tumbuh tanaman pagi
3.      Ada manusia (siswa)
4.      Ada rumah
5.      Ada tumbuhan hijau
6.      Ada karung
7.      Ada buku dan kertas
8.      Ada tanah
9.      Ada udara
10.  Ada plastik
11.   Ada rerumputan
B. Menanya
-  Perintah : Buatlah pertanyaan !
Jawaban :
·         Apa peran Kupu-kupu dan bunga di lingkungan sekolah ?
·         Apa peran manusia dan udara di lingkungan sekolah ?
·         Apa peran manusia dan tanah di lingkungan sekolah ?
·         Apa peran cahaya matahari dan tumbuhan di lingkungan sekolah ?
·         Apa peran cacing dan tanah di lingkungan sekolah ?
Jawaban dari pertanyaan :
·          Kupu-kupu : mengambil nektar tumbuhan untuk di jadikan makanan.
Bunga         :  mengalami penyerbukan.
·         Tanpa udara maka manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa bernafas.
·         Tanah berperan sebagai tempat berpijak dan tempat untuk melakukan aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya.
·         Cahaya matahari berperan dalam proses fotosintesis yang di lakukan oleh tumbuhan hijau
·         Cacing berperan untuk menggemburkan tanah.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Legenda Danau Toba dan Strukturnya

kd. Legenda Asal-Usul Danau Toba Di wilayah Sumatera hiduplah seorang petani yang sangat rajin bekerja. Ia hidup sendiri sebatang kara. Setiap hari ia bekerja menggarap lading dan mencari ikan dengan tidak mengenal lelah. Hal ini dilakukannya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.                                                                                                            Pada suatu hari petani tersebut pergi ke sungai di dekat tempat tin...

Teks Cerpen 'Ondel-Ondel, Kesenian Asal Betawi' dan Analisis Strukturnya

kd. Ondel-Ondel  ‘Ondel-Ondel’ Kesenian Betawi yang Makin Punah         “Yok kita nonton ondel-ondel yok, dungdung treettreet dungdungdung”  Bunyi alat musik tanjidor, pencak Betawi, bende, ningnong, rebana dan ketimpring terdengar jelas di telingaku. Bunyi nyanyian Pak Mamat, Pak Udin, Pak Saleh seakan tak asing lagi di telingaku. Aku yang mendengar adanya pertunjukan ondel-ondel ini langsung berlari ke luar rumah. Biasanya, setiap jam empat sore ini para pemain ondel-ondel selalu memberi pertunjukan yang cuma-cuma untuk penduduk kampung krukut.         “Eh, ada Neng Dina” sapa Pak Mamat.         “Iya pak” Jawabku dari dalam pagar.         “Kenapa Pak Mamat terlihat murung hari ini?” sambung Dina.         “Iya nih neng, saya bingung” jawab pak Mamat.      ...